#AMIHMAINKEDAPUR : RESEP NASTAR

Siapa yang ga suka Nastar? 

Kue kering ketika lebaran yang paling favorit bagi saya adalah nastar. Sayangnya sulit menemukan nastar enak menurut lidah saya. Tapi akhirnya saya menemukan resep yang pas untuk kue kering nastar. Resep dari Bu Fatmah Bahalwan. Semenjak kenal resep ini, Mama Saya juga ga mau kelain hati. Tiap lebaran bisa bikin 20 resep sendiri. Karena buat bagi-bagi juga kemertua. Nah, ini resep Nastarnya. 


Nastar 

Fatmah Bahalwan 

Bahan kulit: 

250 gr margarin 

250 gr mentega 

100 gr gula halus 


4 btr kuning telur 

700 gr tepung terigu 

4 sdm susu bubuk fullcream 

Bahan olesan: 

 3 btr kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt susu cair 

Cara membuat: 

1. Kocok sebentar margarin, mentega, gula dan telur, cukup sampai tercampur saja. 

2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata. 

3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, isi dengan selai nanas. Susun diloyang tipis, beri jarak satu dengan yg lain. 

4. Oven dengan suhu 140’C selama lebih kurang 30 menit. Keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan, oven lagi hingga kuning mengkilat. 

5. Angkat, biarkan dingin. Susun dalam toples, tutup rapat. 

 

Selai Nanas 

Bahan :

2 buah Nanas Honi Jumbo 

400 gr Gula Pasir 

1 sdt garam 

Cara membuat: 

1.Masak nanas halus bersama airnya dan garam . 

2.Tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat. 


Note : 

1. Untuk selai nanas, saya tidak pakai resep Bu Fatmah, karena resep selai nanas ini sudah paling enak menurut saya. 

2. Untuk Oven bisa disesuaikan ya, kadang-kadang suhunya tidak harus segitu. Dan saya lebih suka pake oven tangkring ketika membuat kue kering. Entah kenapa rasanya lebih kering dibandingkan menggunakan oven listrik. 

3.  Untuk penyimpanan diusahakan di toples tertutup. Diselotip. Supaya aromanya tetap enak dan tetap renyah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERIKSA DOKTER GIGI DI CIBINONG

Periksa kandungan di Cibinong

Kuliner part 4 : Bogor (Again ;) )