Psikologi Yeah:1

Assalamuallaikum..
Sebenarnya saat ini saya sudah lelah sekali.. Tapi sayangnya mata saya belum bisa merem dengan sempurna. Jadilah saya mengoceh di Blog ini. Hihihi..
Ocehan saya ini diwarisi oleh materi kuliah saya hari ini.. Hari ini saya mendapat materi kuliah Keterampilan sosial. Dari pagi mood saya sangat bagus. Excited sekali, karena sudah 1,5 tahun saya tidak belajar di kelas membahas masalah psikologi. Dihari Senin yang padat ini, dengan kemacetan dimana-mana, saya dibawa ke hari yang luar biasa. Saya kembali diingatkan bahwa Psikologi adalah ilmu yang unik. Kenapa unik? Karena objeknya sendiri sangat unik. Setiap manusia satu akan berbeda dengan manusia lainnya. Karena itulah psikologi adalah ilmu yang unik. Tidak pasti, karena menggunakan kata-kata cenderung.
Menyenangkan sekali mempelajari ilmu psikologi itu. Seperti mengenal diri sendiri seperti apa, ada apa yang terjadi sekarang cenderung diakibatkan oleh masa lalu kita, tapi bisa berubah tergantung dengan apa tujuan kita (kebutuhan kita). Ah, mengenal ilmu ini memang menyenangkan, bahkan tugas-tugasnya pun seru dan menyenangkan. Berbeda jauh memang dengan ketika saya dlu belajar kimia. Tapi bukan saya tidak suka dunia kimia. Hanya saja ternyata passion saya disini. Saya menemukan kembali passion saya di dunia Psikologi. Rasa senang ini sempat hilang ketika saya mengerjakan skripsi. Mungkin tuntutan memang berbeda dengan kesukaan. Kita suka makan ayam, tapi kalo sehari dikasih dua kilogram juga bisa obesitas. Yah seperti itulah saya menyukai ilmu psikologi. Selama saya S1 saya diajar oleh banyak dosen hebat, dengan ilmu-ilmu yang luar biasa mereka ajarkan kepada saya. Tapi begitu saya mengerjakan skripsi, saya sempat satu bulan hanya berbicara kepada Allah, supaya saya dikuatkan dan dimudahkan dalam mengerjakannya. Agar saya mencintai tugas akhir saya dan menyelesaikannya tepat waktu demi Mama saya. Tidak mudah membuat saya mencintai skripsi,padahal tema yang saya ambil adalah tema yang paling saya suka dan paling dekat dengan kehidupan saya.Karena itulah menurut Dosen pembimbing dan Wali Kelas saya "Ketika skripsi pilihlah judul yang paling kamu suka. Karena mengerjakan skripsi itu sulit, kalo kamu ga suka bahasannya maka akan sulit bagi kamu menyelesaikannya."
Oke prolog saya panjang sekali ya. Tapi dari prolog saya diatas, bisa disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu yang menarik untuk dipelajari.  Hari ini Dosen saya mengajar menggunakan diagram telur. Dimana dalam diagram tersebut terbagi 3 bagian. Dan terdapat bagian di luar telur tersebut. Yang hebatnya, dari diagram telur itu kami diajak untuk mengenal ilmu transpersonal. Dan saya kembali dibuat kagum, karena apa yang sebenarnya terjadi dalam prolog saya diatas masuk dalam materi ini.Bagian atas telur adalah sisi spiritual manusia. Ketika dia sudah mencapai sisi spiritual atau kita biasa mendengar dengan kata kembali ke "Fitri". Bagian kedua adalah bagian pikiran atau ingatan yang mempengaruhi perilaku kita sehari-hari. Bagian terakhir adalah doronga-dorongan atau nafsu. Bagian terakhir yaitu bagian terluar adalah hal-hal yang berhubungan dengan mitos dan budaya.
Diagram telur tersebut mirip dengan teori Sigmund Freud yaitu id, ego, dan superego.
Yang mau saya bahasa adalah yang tengah. Dimana kita banyak dipengaruhi pikiran dan ingatan kita dalam kehidupan sehari-hari. Seperti kata-kata saya di atas. "Pagi ini Mood saya sangat baik." Dan kenyataannya hari ini saya benar-benar mendapatkan ilmu yang luar biasa. Teman-teman baru dan lingkungan baru. Karena saya hari ini ngampus di kampus yang berbeda dengan dua minggu yang lalu.
Yang kedua " Dosen saya mengatakan bahwa mengerjakan skripsi itu sulit/berat". Secara tidak langsung kata-kata ini teringat oleh saya ketika saya mengerjakan skripsi. Dan saya mengalami banyak hal berat saat mengerjakan, sidang, dan revisi. Tapi kuasa Allah luar biasa disini, saya diijinkan membahagiakan Mama saya tercinta dengan lulus tepat waktu.
Kekuatan Tuhan memang luar biasa dan ini pun dibahas oleh dosen saya bahwa sebenarnya dalam setiap agama selalu berdoa dan melakukan doa dalam waktu-waktu yang hampir bersamaan. Dalam agama saya, Islam ketika dalam keadaan duduk diantara dua sujud saja sudah banyak doa yang kita ucapkan, minta rizki,sehat, dan lain-lain serta kembali kepada kehendak Allah.
Dan secara tidak sadar kita sudah meminta ini setiap harinya.
Hari ini saya juga diajarkan untuk bersinergi dengan alam, yang ini saya sudah melakukannya sejak saya SMA sih. Tidak merusak alam dengan cara apapun, semisal yang paling simpel buang sampah pada tempatnya, hemat air, listrik, kertas, dll. Alhamdulillahnya saya masuk dalam dua lingkungan yang baik.
Selanjutnya saya diajarkan tentang resonansi, vibrasi, interkoneksi. Disini, bukan ilmu fisika loh. Masih psikologi. Biasanya sahabat kita, pasangan kita, anak, atau orang tua kita itu memiliki resonansi yang sama atau salng melengkapi dengan kita. Entah dengan cara apa disini kita akan ditemukan dan didekatkan. Karena getarannya sama menjadikan kita akhirnya nyaman dan menjadi sahabat atau pasangan. Kalo dalam kasus ortu dan anak, bisa jadi sikap yang diperlihatkan anak merupakan resonansi dari ayah/ibunya. Disini kembali kita diingatkan untuk lebih mengenal diri kita sendiri sebelum mulai menuding orang lain.
Nah yang paling seru nih tadi kami juga diajarkan untuk melihat aura pada seseorang. Ternyata saya tidak bisa melihatnya dengan mudah.hehehehe..
Yang terakhir adalah dalam diri kita terdapat berbagai macam peran, yaitu tokoh anak, remaja,dewasa. Dimana bisa puluhan peran yang muncul dalam kehidupan kita.
Pokokna mah seru pisan atuh kuliah hari ini..
Pastinya banyak lagi kisah seru dari kuliah saya selama dua tahun ini.. Dan saya OPTIMIS MENIKAH TAHUN DEPAN DAN LULUS TEPAT WAKTU!!

Ini hanya sekedar share ilmu yang tadi saya pelajari.. Semoga bermanfaat.. ^-^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERIKSA DOKTER GIGI DI CIBINONG

Periksa kandungan di Cibinong

Hamil anak kedua. Alhamdulillah..