Berhijab sekarang mudah ..

Judul dari postingan saya kali ini, karena saya tiba-tiba teringat proses saya berjilbab. Karena sepertinya saat ini saya belum benar-benar berhijab. Kadang ya masih pake yang agak ngetat. Kerudung belum benar-benar menutup dada, dll. Malu sebenarnya. Tapi semoga saya terus belajar memperbaiki. 
Berhijab sekarang ini bisa dibilang selain kewajiban tapi juga menjadi tren. Padahal, 10 tahun lalu saya ingat sekali ketika sedang ada acara di sekolah SMA saya, senior saya berkata di tempat kerjanya tidak diperbolehkan ada yg berjilbab. Saya rasa sekarang tidak ada lagi yang melarang. Bahkan di kantor tempat saya magang, ketika mereka akan berganti seragam seluruh karyawati yang berjilbab dibelikan jilbabnya secara khusus. Sama halnya dengan beberapa perusahaan lainnya.
Saya sendiri berjilbab baru 5 tahun belakangan ini. Ketika SMA saya ingin berjilbab, tapi kok ya rasanya ga jadi-jadi. Entahlah kenapa begitu. Tapi ketika saya memutuskan berjilbab, ternyata semuanya dimudahkan. Tidak ada drama dari keluarga, dari teman-teman, atau dari suami yang dulu masih jadi pacar saya. 
Kalau dulu liat baju-baju yang dijual baik di toko atau pasar, jaraaaaaaang banget liat ada baju muslim. Baju muslim itu baru ada kalo menyambut bulan puasa dan lebaran. Kecuali toko itu memang khusus jual baju muslim. Saya ingat karena Mama saya jualan baju kredit gitu jaman dulu. Saya juga sering nemenin Mama ke pasar buat belanja. Kalau di luar bulan ramadhan, banyaknya pesanan baju daster atau baju kerja. Kalau bulan ramadhan baru deh baju muslim, mukena, kerudung laku banget. (Sekarang Mama saya udah ga jualan. Gantian Bule/Tante saya yang jualan dan khusus baju muslim). Tapi sekarang, pasar kaget pun menjajakan baju muslim. Dengan beragam motif, beragam bahan, beragam harga.
Kalau dulu ngeliat yang berhijab panjang pake baju warnanya hitam atau warna-warna gelap. Sekarang hijab panjang terlihat anggun dengan baju warna-warni dan motif yang beragam. 
Tentunya tren hijab saat ini di Indonesia yang menular juga kebeberapa negara tetangga ada pro dan kontranya. Banyak yang bilang melupakan fungsi dari hijab itu sendiri. Banyak juga yang melihat hijab dijadikan bahan komersil. Tidak lagi syar'i seperti dulu.
Dari sudut pandang saya yang masih banyak belajar dan belum paham apa-apa, tren hijab saat ini sangat baik. Kenapa? karena bisa menjadi peluang bisnis buat beberapa UKM. Bisa dilihat dari Bule saya. Dulu waktu tren hijab belum begitu menggeliat, Beliau harus menjual juga dari jenis panci, dan lain-lain. Tapi sekarang, semua baju anak perempuan, sarung anak instan, baju muslimah semuanya laku. Sehingga beliau bisa menghidupi dirinya dari hasil berjualan. Itu baru Bule saya sebagai penjual. Bagaimana produsen dan distributornya, karyawan-karyawan toko hijab. Mungkin benar terlihat komersil, tapi menjadi tempat orang mencari rejeki. 
Sahabat saya juga begitu, dia berani mengambil jalur sebagai produsen baju muslim. Hasilnya, luar biasa. Selain bisa menghidupi dirinya sendiri, dia juga bisa mambantu kedua orangtuanya.
Menurut saya, yang salah adalah ketika produsen tidak lagi memperhatikan bahwa baju muslim itu yang harus menutupi lekuk tubuh, jilbab menutupi dada, dan dihiasi tulisan-tulisan yang tidak sesuai. Berarti kembali kepada kita konsumen untuk memilih baju yang memang sesuai dengan syar'i, yang sesuai dengan kemampuan kita juga pastinya. Karena tidak jarang baju muslim harganya wow sekali. 
Buat saya sih ya selama diliat dari sisi positif semua akan terlihat positif. 
Tapi sekali lagi, ini cuma tulisan flashback saya tentang hijab 10 tahun yang lalu dengan yang sekarang. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERIKSA DOKTER GIGI DI CIBINONG

Periksa kandungan di Cibinong

Hamil anak kedua. Alhamdulillah..