Masa kehamilan Fio

Fio sebenarnya sudah dua tahun empat bulan.. Tapi lagi mau mengenang waktu hamil fio.. Soalnya tetangga ada yang baru lahiran, jadi keinget gitu deh ama masa-masa hamil plus lahiran..
Ga lama setelah nikah, saya diberikan kesempatan untuk hamil dan melahirkan anak cantik yang kami beri nama Fiorenza. 
Nama Fiorenza itu apih nya yang mau. Awalnya saya pingin punya nama anak yang agak arab-arab gimana gitu. Tapi kata apih udah mainstream. Jadi deh suami yang hobi nyari nama anak. Dan dipilihlah Fiorenza yang artinya Bunga. Oia, amih apih dipilih jadi panggilan pengganti ayah dan Ibu. Sama sebenarnya biar ga mainstream. Padahal banyak ternyata sekarang panggilan itu.. Hehehe.. Gapapa deh..
Waktu hamil Fio, saya lagi sibuk-sibuknya PKL di sebuah perusahaan swasta di daerah Bogor. Untungnya deket dari rumah. Suami sedang masa CPNS, itu lumayan sih buat kami berdua. Soalnya penghasilan apih di tempat kerja sebelumnya dua kali gajinya selama jadi CPNS. Tapi ketika ngeliat mertua dan suami senang kerjanya, ya disyukuri saja. Toh dari PKL saya juga dapet penghasilan yang dihitung-hitung nutupin setengah gaji apih yang hilang itu. Namanya juga rencana Allah, diambil dari yang satu, dikasih lewat yang satunya lagi. Alhamdulillah aja..
Selama hamil pingin banget bisa ngasih asi ke bayi saya nanti. Akhirnya milih RS yang pro asi. Setelah milih-milih, apih dan saya milih PMI. Awalnya mau sama dokter Budi, yang legendaris. Tapi kok ya ga pernah kebagian. Akhirnya sama dokter Vivi. Tapi jadwalnya pindah dari sabtu ke Weekdays. Udah gitu Weekdays lebih rame dari hari sabtu. Akhirnya pindah ke dokter Aris. Karena masih muda jadi masih belum banyak yang konsul ke beliau. Tapi dokternya baik dan informatif.
Waktu hamil, saya ga ngerasain mual dan muntah selama kerja. Saya malah semangat. dan setiap diajak kerja anak saya malah semangat sepertinya. Tapiii, kalau sudah di rumah, mualnya bukan main. "Dasar ga bisa sendiri",  kalo kata dosen saya dulu. Apalagi nyium bau daging. Mau mateng, mau mentah sama. Tapi pas mau lahiran ngidam Hanamasa. Untung ga mual-mual.. Kan sayang.. Hehehe..
Masuk usia tujuh bulan kehamilan, kandungan saya mengalami masalah plancenta previa. Yang menyebabkan saya harus bedrest total. Tapi malah dikasih kesempatan sih buat buka-buka buku tentang proses kehamilan, gimana cara menyusui dan lain-lain. Walau pas praktek lupa semua. Serius Lupa.. (Kecuali hypnobirthing. Yang semua kembali kepada yang memberi. Nikmati setiap prosesnya.)
Kehamilan saya katanya jangan terlalu cape, ya tapi di kantor cape banget.. Banyak proyek, karena saya PKL profesi, jadi bener-bener bantu HRD dibanyak program. 
WAktu mau lahiran, tiba-tiba suami saya harus prajab. Berarti dua minggu ga nemenin saya.Padahal due date kelahiran ya sekitar tanggal selama apih prajab. Tapi tugas, mau gimana lagi. Akhirnya ngungsi di rumah mama. Ini juga yang akhirnya bikin saya ngungsi di rumah mama hampir 4 bulan. Soalnya apih sering banget dines.
Pas tanggal 5 Juni 2014, jam 2.30 WIB. Saya ngerasain ada cairan yang keluar dari Miss V. Ternyata ketuban saya pecah. Akhirnya papa panggil taxi dan kami berangkat ke RS PMI. Beruntung sih jam segitu, jadi ga ada macet. Selama perjalanan, saya cuma ngerasain deg-degan aja, Alhamdulillah ga mules. Sampe supir taxi nanya, emang ibu mau lahiran? Kok ga keliatan. 
Setengah jam perjalanan, langsung masuk UGD.  Setengah jam di UGD masuk ruang observasi, nah disitu dicek sudah pembukaan berapa, ternyata masih satu. Tapi ketuban saya ngalir deras, ditelpon ke dokter Aris. Saya masih di observasi sampai jam 10, kalo udah ada pembukaan dilanjut, kalau belum di cek detak bayi, kalau bagus di induksi, kalau tidak ya SC. Saya pasrah aja sih, semakin pasrah semakin laper. Serius saya laper banget. Waktu saya di ruang observasi, ternyata mertua dan suami saya sudah ada di luar. Apih diijinin masuk buat nenangin saya, saya malah minta makan.. Hahaha.. Selama hamil makannya dikit, pas mau lahiran gragas. Pas dapet jatah makan, saya absisin makanan yang ada, ternyata saya ga boleh makan..hehehe, karena dikhawatirkan operasi. Ternyata bener, saya harus SC karena bayi dalam kandungan sudah mulai stres. Dan gara-gara saya makan operasi yang harusnya jam 12, jadi jam 3 sore. Ya namanya juga laper terus dikasih makan, ya gitu deh.. Hehehe..
Sayangnya Apih ga bisa nunggu sampe Fio lahir. Karena cuma boleh ijin satu sesi. Untung Apih dinesnya deket dari RS. jadi bisa bolak-balik. 
Jam 16.00 Wib, Fio lahir. Dan nangisnya itu ga kelar-kelar. Sampe akhirnya disusuin. Asi saya langsung keluar, tapi saya belum bener posisi nyusunya jadi lecet-lecet deh.
Setelah maghrib Apih dateng, terus ngeliat dengan muka sedih gitu. Kasian katanya ngeliat saya, lah saya aja biasa aja. Hasil kesepakatan keluarga, Apih disuruh pulang ke tempat prajab. Dan malam saya ditungguin Papa, sedangkan mertua akan bolak-balik bantu ngurus keperluan yang ada. Beruntung banget saya masih banyak yang peduli.. Alhamdulillah..
Setelah tiga hari, saya diijinkan pulang. Selama dirawat di PMI, saya ngerasa nyaman banget. Suster-susternya sangat baik dan membantu. Cuma kok ya jauh ya dari rumah, ga tau nih nanti kalau hamil lagi mau cek dimana. Katanya sih Rs. Bina Husada bagus..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERIKSA DOKTER GIGI DI CIBINONG

Periksa kandungan di Cibinong

Hamil anak kedua. Alhamdulillah..