Catatan pengeluaran dan menabung

Assalamuallaikum..
Cuacanya belakangan bikin pengin selimutan mulu ya.. semoga yang kerja tetap semangat ya walau kasur pasti posesif banget.
Liburan akhir tahun di depan mata banget ya. Antara makin semangat karena ada bonus akhir tahun sama mulai ngitung hari buat liburan.
Rencananya tahun ini mau liburan ke kampung halaman mama di karanganyar ,panjatan. Sekalian mampir ke cirebon,kuningan gitu. Tapi apa daya, ngidamnya saya di runah aja. Tiduran. Katanya lagi ngebo ya namanya. Maunya makan sama tidur. Anehnya turun 7 kg.
Coba kalo lagi ga hamil, bisa naik 10kg kayanya. Hehehe..
Akhir tahun, jadinya ga kemana-mana. Nabung aja deh buat kelahiran adek bayi.
Kemarin sempet baca artikel, yang menuliskan kalo hemat itu emang harus ada tujuannya. Biar semangat. Biar ga ngerasa sia-sia nabungnya.
Kalo buat saya sekarang yang sudah punya anak, pastinya nabung untuk biaya pendidikan dan nabung untuk hidup baik lagi.
Hidup lebih baik lagi yang kaya gimana menurut saya?
Sekarang kamar yang ada tempat tidur baru 1. Berarti karena ada calon penghuni baru, dipersiapkan tempat tidur lagi. Terus anakku ga bisa kalo gerah. Berarti harus ada ac lagi. Nah persiapannya kira-kira butuh dana berapa dan tenggat waktunya kapan aku harus siapin ini semua.
Aku sih rencanain, sekitar bulan maret udah siap kamar untuk fio. Berarti siap dengan tempat tidur dan acnya. Kalo itu selesai, kami nyiapin lagi drh persiapan untuk kelahiran adiknya fio. Kemarin udah dilist apa aja yang perlu dibeli. Yang diluar budget kayanya hanya alat sterilization yang merk upang itu sama naksir banget gendongan i-angel. Tp ya kalo ga kesampaian ga papa lah. Yang lain kaya celana,bedong,baju gitu sih gampang ya. Harganya ga mahal-mahal banget.
Abis itu lahiran, pasti si dede bayi imunisasi. Nah itu juga penting banget. Biaya imunisasi itu ga murah. Dan kejar-kejaran mulu tiap bulan. Dulu waktu kakak fio, rejekinya ada terus. Mudah-mudahan buat dek bayi juga..
Oia, saya tuh dari awal nikah rencananya mau selalu hitung pemasukan dan pengeluaran. Tapi kalo tulis manual, saya selalu lupa. Apalagi semenjak ada fio. Semua buku ya dicoret atau dirobek.
Jadilah saya ga bisa bikin pembukuan keluarga. Padahal penting ya buat tahu pengeluaran kita kemana aja.
Sampe akhir tahun lalu kalo ga salah, teman saya rekomendasiin satu aplikasi di appstrore. Namanya monefy. Dan itu berhasil banget bikin aku rajin nyatet. Rajin nyatret ya bukan rajin nabung. Sekarang banyak banget aplikasi untuk catatan pengeluaran ini. Tergantung sih nyamannya pake apa. Saya kebetulan nyaman pake monefy.
Dari hasil hitungan saya, ternyata entertainment kaya ke mall. Main sama fio ke fun world atau kidzooona. Jajan makan siang,makan malem, atau gofood.
Yang berhasil dipangkas selama saya hamil adalah main ke mall. Gofood masih. Krn kadang ngidam yang ga jelas.
Jalan ke mall ini, ternyata menguras pendapatan keluarga sebanyak cicilan mobil kami satu bulan. Wow banget ya.
Pantes aja, saya ngerasa kok penghasilan suami naik 10x lipat tapi ada aja kurangnya. Ya itu, kebiasaan hedon.
Ke mall itu ga mungkin cm main aja, tpai ga jajan. Jajanan di mall itu harganya seporsi kecil aja kan sampe 30ribuan.
Kalau ke mall seminggu 3 kali udah habis berapa.
Bulan ini saya berhasil nabung, bahkan bisa bayar cicilan mobil 2x hanya dengan ga ke mall. Padahal bibi naik gaji.
Kalo kesupermarket apa yang dibeli itu pasti kepake. Dan ga mubazir. Kalo cm main ke mall tiba-tiba udah habis 1juta ga tau buat apa. Duh, borosnya.
Semoga istiqomah buat nabung terus. Biar cepet lunas cicilan mobil. Amin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERIKSA DOKTER GIGI DI CIBINONG

Periksa kandungan di Cibinong

Hamil anak kedua. Alhamdulillah..