Jadi mau investasi apa?

Assalamualaikum..
Pagi-pagi kepikiran umur mau 30, anak mau 2. Udah punya apa aja? Kenapa udah punya apa aja jadi penting?
Karena eh karena, kemarin baca artikel dari qm financial yang menuliskan kalau cari uang gampang tapi nyimpennya yang susah.
Ini bener sih.
Sedari Sma udah hobi banget jualan. Penghasilan lumayanlah. Tapiiiiii, uangnya kepake buat belanja, makan-makan, nonton, dll.
Banyaknya kemudahan kita saat ini untuk memperoleh fasilitas kaya mall itu ngebantu gaya hidup hedonisme meningkat. Hehehe..
Masih ingeeet banget jaman belum merajalela nya minimarket dan mall, kayanya buat beli sesuatu itu mikir banget. Sekarang mah gampang. Depan komplek minimarket, di jalan besar mall berderet. Belum lagi ya online shop.
Kalau ga sadar untuk ubah gaya hidup, ya uangnya kesitu-situ aja. Habis ga tau kemana.
Seperti di blog yang pernah saya tulis, sekitar satu bulan ga mau ke mall dan bisa saving 1bulan cicilan mobil. Itu dengan pendapatan yang dibawah biasanya.
Nah, investasi juga banyak ragamnya.
Banyak banget dari kita yang nyari investasi dengan keuntungan besar. Padahal semakin besar keuntungan ya semakin besar jiga kemungkinan kita rugi.
Ini saya ngalamin 2 kali. Investasi pertama itu saya daftar mlm. Dengan modal yang paling tinggi. Terus dibilang sama upline saya bahwa saya cukup kenalkan atau bawa mereka keorang-orang yang sekiranya potensial, mereka yang jalan. Kita dapet untungnya. Terus dapet untungnya? Nope. Uang saya ya jadinya cuma barang. Orang yang saya bawa atau saya kenalin jadinya di bawah kaki mereka-mereka juga. Itu sih kalau gabungnya di binari. Yang hanya ngandelin 2kaki dibawah kita. Yang untung yang paling atas. Kita, ya ga dapet apa-apa selain produk. Untung yang katanya sampai ratusan juta ya mereka aja yang ngerasain.
Habis itu kapok investasi atau ikut mlm? Ga.
Saya masih suka ikut mlm yang jelas sih alurnya. Yang setiap anggota yang kita dapet yang jadi downline kita. Keuntungan belanja mereka buat kita. Untungnya gimana? Kecil. Kecil banget malah. Tapi ga gondok. Terus kan jelas ya hasil kita sendiri.
Nah kedua saya ikut investasi titip dana keteman saya. Awalnya dia jualan coklat dan saya ikut jualan juga dari dia. Untungnya lumayan banget. Jaman itu belum banyak tukang coklat kaya sekarang. Dari hasil coklat saya bisa beli perlengkapan dapur sama lemari sebelum nikah.
Tapi beda lagi dengan bisnis yang dia tawarkan. Ini untuk usaha konveksi keluarganya katanya. Jadi keuntungannya lumayan. Awalnya saya titip 5 juta dan bulan itu dapet untung 1,5 juta. Selama uang saya di sana, saya tetap dapat untung segitu.
Saya sih awalnya ragu sebenarnya. Akadnya jelas sih, ga riba. Karena bagi keuntungan. Tiba-tiba mama saya nambahin 20juta. Terus keuntungan jadi berapa? Jadi minus 20 juta. Hahahaha. Mau nangis rasanya. Itu uang untuk cicilan mobil, tapi diinvestasikan dulu. Ternyata malah hilang. Sedih.
Untungnya teman saya itu mau tanggung jawab. Jadinya dia yang cicil per bulan. Tp tanpa keuntungan. Hanya bayar modal yang saya kasih. Saya juga ga tega karena dia yang ditipu. Akhirnya akad bisnis berganti akad hutang.
Dari situ saya hati-hati pilih investasi. Sekarang cari yang regulasinya jelas dilindungi ojk.
Huft, sedih banget yaaa kalau uang kita buat apa jadinya kemana gitu.
Saya ikut koperasi yang jelas banget. Jadi nabung per bulan di situ. Kalau ambil uang ya harus kesitu. Males kan ya. Jadi kalau kepepet banget baru ambil.
Tabungan pendidikan anak ikut dari bank suami. Ini udah kedua kali sih. Jadi yang awal dari fio lahir sampai 2 tahun. Diusia 2 tahun cair dananya jadi kita udah sempat ambil buat modal dagang waktu itu. Sekarang dinaikin sedikit nilainya biar pas fio sekolah nanti aman dananya. Ga ribet cari dana tambahan. Secara tk sekarang harganya sama dengan dulu saya masuk kuliah.
Sama ikut tabungan anak juga. Ini untuk nanti kalo dia butuh beli perlengkapan sekolah. Jadi kan kita udah siapin dana-dananya.
Kenapa ga ikut asuransi pendidikan? Hmmm, sempat kecewa sama asuransi. Karena waktu saya kuliah harusnya dana cair ternyata ga bisa. Data hilang katanya. Jadi, saya harus tetap bayar satu tahun lagi, padahal dana harusnya udah cair. Kalau tabungan berjangka ini ga ribet. Kalau kita ambil dananya sebelum selesai waktu perjanjian gapapa, tapi ga dapet bagi hasil yang dijanjikan karena belum tepat waktu.
Terus sempat juga investasi perhiasan, tapi ruginya lumayan juga. Karena dijual pas harganya masih sama.
Sekarang nyoba logam mulia, beli waktu lagi diskon antam. Eh sekarang harganya naik bangeeet. Jadi belum beli lagi.
Ikut deposito kecil juga yang tahunan dari salah satu bank syariah. Hasil jualan coklat. Lumayan juga sih.
Pernah nanya sama suami mau ga saham atau reksadana. Tapi suami ga tertarik. Jadi ya, menurut suami mendingan cari yang ga terlalu besar untung tapi hati tenang buat tetap berinvestasi.
Someday suami mau buka usaha lapangan bulutangkis. Katanya buat usaha masa tua. Yah saya mah amin aja.
Kalau untuk tanah dan rumah kontrakan belum kepikiran sekarang. Karena tanah itu lumayan banget bayar pajaknya sekarang. Rumah kontrakan pernah ngalamin yang namanya listrik ga dibayar, terus pompa air dibawa sama yang ngontrak. Atau uang setoran yang ga nyampe. Jadi kayanya belum atau ga deh.
Jadi mau investasi kemana kalau ada dana lebih?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERIKSA DOKTER GIGI DI CIBINONG

Periksa kandungan di Cibinong

Ada berita bahagia dan menyedihkan