Seru - serunya punya balita..

Assalamualaikum..
Punya balita tuh seru-seru cape ya.. hehehe.. apalagi buat saya yang lagi hamil muda..
Sebelum hamil kemarin tuh, lagi ngerasa jadi best friend banget sama fio.. karena mau kemana, naik apa juga sanggup. Dan fio udah ga selalu minta gendong kecuali pas naik turun kendaraan. Makannya juga bisa dibilang gampang kalo jalan-jalan. Di rumah lumayan juga. Walau lebih banyak kalo makan sama bibi. Entah apa pengaruhnya. Kalo waktu masih asi wajar lah ya ada amihnya dia makan dikit. Kenyang nyusu. Ini udah ga asi tapi kalo makan sama saya atau bibi tetep banyakan sama bibi. Sebel ya.. kaya ibunya tuh ga bisa ngurusin anak. Hahahaha..
Tapi selain urusan makan semuanya aman kalo sama saya. Alhamdulillah lah ya..
Fio itu sedikit speech delay. Karena waktu saya ngerjain tesis dan dia sama bibi mungkin lebih banyak waktu nonton tv. Jadi dia agak lama ngomongnya. Sekarang udah pinter ngomong, tapi banyak kosakata yang kurang jelas.
Sekarang kecampur lagi sama english. Karena pengaruh nonton youtube. Duh..
Saya orang tua yang awalnya berpegang teguh bahwa anak baru boleh kenal gadget tuh nanti banget pas udah gede. Tapi kok ya tetangga plus sepupu pada main gadget dengan video yang bikin saya geleng-geleng kepala. Akhirnya saya kasih hp saya, tapi dengan waktu terbatas. Ini lumayan buat dia ga ngikut nonton apa yang ditonton orang lain. Dan fio paham kalau dia hanya boleh sebentar nontonnya. Walau ada nangisnya juga.
Nah masalah nangis, tantrum. Fio jarang banget sih tantrum. Atau nangis ga jelas. Mungkin ya karena saya masih banyak waktu ngawasin dia. Jadi dia ga terlalu cari perhatian. Bukan berarti yang ibunya tidak banyak waktu anak jadi sering tantrum. Bukan.
Hanya saja tergantung pola pengasuhan. Biasanya pengasuh atau nenek kakek lebih ga tega lihat anak kita nangis daripada kita sendiri. Jadi anak akan tahu polanya bahwa kalo nangis dia akan dapat apa yang dia mau. Nah ini ga ngaruh ke fio, karena ketika yang lain mau ngasih sesuatu yang saya larang maka saya akan tegas untuk tidak boleh. Jadi air matanya atau raungannya ga ngaruh untuk saya.
Tidur, sebenarnya fio itu gampang tidur. Tapi semenjak saya hamil dan jam tidur siang fio berubah. Kadang tidurnya sore sekalian sampe pagi besoknya. Karena dia asik main. Ini kalo apihnya dinas keuntungan buat saya, selama dia ga kebangun tengah malam. Tapi kalo dia kebangun tengah malem ya udah alamat begadang deh.. hehehe.. jarang sih kalo saya cm berdua di rumah.
Mainan. Fio anaknya ga awetan. Mainan dia banyak yang baru beli trus rusak. Jadi kadang-kadang sayang juga beliin mainan agak mahal. Mending yang seribuan gitu. Hehehe..
Sekolah. Saya ada rencana sekolahin fio langsung tk b aja. Habis itu sd negeri. Biar biaya 6 tahun dia sekolah bisa ditabung nanti buat dia sekolah selanjutnya. Kenapa ga sekolah dari sekarang? Anaknya belum mau. Jadi ya belajar dulu aja sama ibunya.
Disiplin. Kalo urusan ini agak bingung sih. Lah urusan makan sama tidur aja susah ya. Tapi pelan-pelan memang diajarkan disiplin. Yang paling penting kaya main gadget. Makan. Sama jajan. Ada jajanan yang belum saya kasih ke fio. Ini kaya soda, permen. Ada jajanan yang saya ijinin kaya roti, susu dan jajanan jarang-jarang ini kaya coklat, ciki, es krim.
Nah ada tambahan punya anak. Kalau anak sakit. Hati setiap ibu pasti keiris ya liat anaknya sakit. Fio itu alergi dingin. Turunan dari saya. (Maaf ya nak). Jadi tiap dingin dia batuk pilek. Pernah di rumah batuk pilek sampai bekasi sembuh. Karena di sana panas. Hahaha. Alergi ga bisa sembuh. Bisanya dihindari penyebab alerginya. Kalo udah kepapar, ya dihangatkan, dioles balsam, dan sedia obat. Tapi saya berusaha mengurangi obat kalau ga ganggu tidur banget. Sama pake minyak young living. Kemarin pake yang rc sama thieves. Lumayan berkurang batuknya. Walau sewaktu-waktu bisa kumat.
Nah gitu deh kurang lebih urusan-urusan punya balita. Alhamdulillah aja ya walau ga bisa diem. Hehehe..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERIKSA DOKTER GIGI DI CIBINONG

Periksa kandungan di Cibinong

Ada berita bahagia dan menyedihkan